Manfaat Mandi Sebelum Subuh Untuk Kesehatan Tubuh

 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Untuk Kesehatan Tubuh Dan kesehatan kulit

Manfaat Mandi Sebelum Subuh Untuk Kesehatan Tubuh Manfaat Mandi Sebelum Subuh Untuk Kesehatan Tubuh - Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk memulai berbagai aktivitas. Terlebih pada pagi hari, udara pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Udara pada pagi hari memiliki berbagai zat yang dapat larut bersama air. Hal ini dapat membuat kualitas air pada pagi hari menjadi lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Mandi pagi merupakan aktivitas yang alangkah baiknya dilakukan oleh setiap orang agar dapat memperolah tubuh yang sehat. Hal ini mungkin sudah terbiasa dilakukan sebagian orang, tetapi tidak sedikit juga yang masih meninggalkan rutinitas mandi pada pagi hari dengan berbagai alasan.

Terdapat 3 gaya hidup sehat sebelum jam 6 pagi yaitu berolahraga, minum air putih, dan mandi. Mandi pagi merupakan salah satu aktivitas yang sulit dilakukan sebagian orang. Kebanyakan orang beralasan karena dinginnya air di pagi hari yang dapat membuat rasa malas. Tapi, mandi pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat mandi pagi.

Manfaat Mandi Menjelang Subuh Bagi Kesehatan
Berikut sejumlah manfaat mandi subuh bagi kesehatan tubuh:
  • Melancarkan peredaran darah dalam tubuh
Tahukah Anda ternyata air dingin yang menyentuh kulit kita ketika mandi menjelang subuh mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh selalu sehat dan tercegah dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh
  • Menjadikan kulit wajah awet muda
Semua orang pastinya ingin terus terlihat awet muda. Bisa saja wajah Anda selalu tampak awet muda hanya dengan rahasia yang satu ini. Benar sekali, rahasia yang dimaksud adalah mandi di pagi hari sebelum waktu subuh. Penuaan memang tidak bisa dihindari, namun bisa diperlambat tanda-tandanya. Beberapa tanda penuaan yang paling sering dijumpai yaitu terlihat kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah, terdapat lingkaran hitam di area mata, kulit kusam, timbul flek atau noda hitam, dan kulit kehilangan kelembaban alaminya sehingga kulit tak lagi elastis. Dengan sentuhan air dingin saat mandi, kulit akan menjadi halus, sehat, cerah, dan tanda-tanda penuaan akan hilang. Namun dengan 1 catatan: lakukan mandi menjelang subuh secara rutin.
  • Mencegah penyakit tekanan darah tinggi
Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi tergolong sebagai salah satu penyakit berbahaya. Penyakit ini banyak diderita oleh banyak orang di dunia. Sebagian besar penderita hipertensi adalah kaum pria. Namun banyak juga kaum hawa yang terkena penyakit hipertensi. Penyakit tekanan darah tinggi lebih banyak menyerang orang yang berusia 40 tahun ke atas. Namun karena gaya hidup yang semakin tidak sehat menyebabkan anak-anak muda zaman sekarang juga berisiko terkena penyakit hipertensi. Agar terhindar dari penyakit hipertensi, mandi di pagi hari (menjelang subuh) sangat disarankan karena air dingin yang menyentuh kulit dapat memicu pembuluh darah untuk melebar.
  • Meningkatkan jumlah sel darah putih secara signifikan
Fakta seputar mandi menjelang subuh banyak manfaatnya bagi kesehatan juga dapat dibuktikan dengan adanya pendapat dari banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa mandi pagi dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih adalah salah satu elemen penting pada sistem imun kita. Sel-sel darah putih ini berperan sebagai penjaga dan pembangun sistem imun tubuh. Dengan mandi saat menjelang subuh, sel-sel darah putih dalam tubuh akan meningkat jumlahnya. Dengan demikian, sistem imun tubuh pun akan semakin kuat.
  • Menghilangkan stress
Stress terkadang dialami oleh mereka yang memiliki beban baik karena beban hidup atau beban dari tugas di tempat kerja. Stress ternyata dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, stress bisa menjadi pemicu timbulnya gangguan kesehatan dan gangguan psikis seseorang. Mandi menjelang subuh secara rutin mampu menghilangkan stress karena pikiran menjadi segar kembali dan siap untuk memulai aktivitas sehari-hari.
  • Meningkatkan kesuburan dan gairah sek*ual
Mandi di pagi hari, terutama saat menjelang subuh, dapat meningkatkan hormone testosterone pada pria dan juga hormone estrogen pada wanita. Jadi bagi Anda para pasutri yang ingin segera memiliki keturunan, mulai sekarang biasakan mandi pagi secara rutin. Bila perlu ajak pasangan Anda untuk mengikuti kebiasaan baru Anda ini.
  • Memperbaiki jaringan tubuh yang rusak
Dengan Rutin madi makan akan mempbantu memperbaiki sel kulit mati dan rusak membuat kulit tampak lebih kencang dan halus serta masih banyak manfaat yang akan anda rasakan jika sering mandi pada pagi hari . Membantu memperlambat proses penuwaan kulit. 
  • Menyehatkan rambut
Mandi pada pagi hari sebelum jam 5 bagus untuk membantu meningkatkan nutrisi rambut membuat rambuat terhindar dari rontok dan membuat kepala terasa lebih pres dan segar dan membantu menyehatkan rambuat agar kuat dan memperlambat ubanan.
Apa hubungannya kebiasaan mandi di pagi hari dengan kesehatan rambut? Ternyata air dingin dapat melapisi lapisan kutikula rambut sehingga rambut tidak akan mudah rontok. Air dingin yang mengguyur rambut juga mampu membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala sehingga kulit kepala akan bersih dan rambut pun akan sehat serta kuat.
Kondisi yang Tidak Disarankan Untuk Mandi Menjelang Subuh
Namun ada beberapa kondisi di mana mandi menjelang subuh tidak disarankan. Misalnya mereka yang menderita penyakit berat. Penderita penyakit berat sebaiknya mandi dengan air hangat yang suhunya mendekati suhu tubuhnya. Mengapa? Agar sistem tubuh yang sedang lemah dan sistem adaptasi pada tubuh tidak distimulasi secara paksa.
Nah, bagaimana dengan penderita penyakit kulit, eksim, dan rematik? Bagi Anda yang menderita eksim atau rematik, sebaiknya hindari mandi menjelang subuh terkecuali mandi dengan air hangat. Kulit penderita eksim akan gatal-gatal apabila terkena air bersuhu dingin. Sedang pada penderita rematik, air dingin hanya akan menambah parah radang sendi yang tengah dialaminya. Perubahan suhu yang signifikan juga berpotensi mengganggu jalannya aliran darah dalam tubuh.
Demikian Sobat Cedas informasi seputar manfaat mandi menjelang subuh. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi Anda para pembaca seputar mandi menjelang subuh banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Komentar